15 Manfaat Membaca Asmaul Husna

akucintaislami.com - Asmaul Husna merupakan sifat-sifat dan 99 nama Allah SWT. Dengan mengetahui sekaligus melafalkan Asmaul Husna kita sebagai makhluk Allah tidak hanya sekedar tahu, tetapi juga mampu merasakan fadilah dan keutamaan yang dapat kita rasakan dengan meresapi setiap makna dalam Asmaul Husna.


Melafalkan asmaul husna juga menjadi bentuk rukun iman untuk beribadah hanya kepada Allah, hingga hari akhir dan mengakui hanya Nabi Muhammad utusan Allah sebagai Nabi terakhir.

Baca juga :
Ada banyak keajaiban dan keistimewaan dalam asmaul husna. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surat Al-A’raaf ayat 7, yang berbunyi :

“Dan milik Allahlah nama-nama indah, dan mohonlah kepadanya dengan menyebut nama-nama tersebut.”

Dengan membaca dan memahaminya niscaya kita akan mendapatkan manfaat dan berkah dari bacaan tersebut, kita akan senantiasa akan mendapatkan kebaikan dan perlindungan Allah. Maka tak heran banyak orang-orang muslim yang setiap hari melantunkan nama-nama indah ini. Salah satu contohnya di madrasah-madrasah, setiap pagi sebelum masuk kelas mereka mengaji bersama dan melantunkan asmaul husna bersama. Hal ini sangat baik bagi peserta didik khususnya dan masyarakat umumnya. Itulah beberapa pengenalan tentang asmaul husna

Asmaul Husna dan Manfaatnya

“Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya” (QS Al Ahzab : 41)

Dalam ayat di atas menunjukkan bahwa mengingat Allah dengan menyebut asma Allah adalah perintah yang dianjurkan oleh Allah. Membaca asmaul husna tentu tidak akan sia-sia apalagi jika benar-benar memahami dan mencoba mendalami setiap nama yang merupakan kebesaran dan kekuasaan Allah. Berikut adalah 15 manfaat yang bisa didapatkan dari membaca Asmaul Husna.

1. Mendapat keselamatan

Allahlah pelindung kita dari segala marabahaya, kita harus senantiasa meminta perlindungan agar hidup kita ini selamat. Dengan membaca asmaul husna terus menerus niscaya anda akan senantiasa mendapat perlindungannya. Beberapa nama yang memiliki makana perlindungan adalah al-mani’u,  al-mughsitu, dan lainnya

2. Membuka Pintu Rezeki

Allah maha kaya, Allahlah yang memberikan rezeki untuk kita. rezeki yang kita terima sudah ditakdirkan oleh Allah sesuai dengan apa yang kita lakukan dan usahakan. Kita sebagai umat muslim dalam mencari rezeki adalah dengan bekerja dan biasanya dibantu dengan manfaat sholat dhuha. Namun ada cara lain yang bisa membantu anda mencari rezeki, yaitu dengan membaca Asmaul husna. Dalam asmaul husna ada beberapa nama yang menunjukkan bahwa Allah maha kaya, dan jika dibaca secara rutin niscaya pintu rezeki kita akan terbuka yaitu  al-mughni, al ghaniyyu, dan lainnya.

3. Mengenal Siapa Allah

Dengan membaca asmaul husna, kita bisa mengenal siapa Allah melalui sifat-sifat dan nama-namanya. Dengan mengetahui hal tersebut, maka membuat kita semakin yakin dan kenal bahwa tiada Tuhan Selain Allah yang layak kita sembah. Tentunya hal ini berdasa rukun iman, rukun islam, Iman dalam Islam, dan Hubungan Akhlak dengan Iman

Baca juga :
Kita bisa mengenal bahwa di alam raya semesta ini hanya Allah lah tempat berlindung dan layak kita jadikan tempat mengadu. Kekecewaan pada manusia adalah hal biasa, dan kita akan mengingat bahwa tidak dengan Allah. Allah tidak akan membuat kita kecewa dan selalu memberikan pertolongan pada manusia.

4. Semakin Beriman

Membaca asmaul husna membuat kita juga akan semakin beriman. Membaca Asmaul Husna secara berulang-ulang membaut kita selalu berpikir tentang kebesaran Allah dan tentunya hal ini akan mendambah keimanan kita sebagai manusia kepada Allah. Tentu bagi yang tidak pernah membacanya, akan berbeda dengan mereka yang suka membaca Asmaul Husna.

5. Menjauhi dari Kekafiran

Kekafiran tentunya adalah hal yang harus kita jauhi. Sebagai orang yang beriman kita tentu tidak ingin keluar dari Islam dan menjaga terus keimanan yang kita miliki. Salah satunya adalah dengan membaca Asmaul Husna. Membaca asmaul husna membuat kita tersadar bahwa tidak ada yang bisa membuat hidup kita senantiasa aman dan terlindungi selain dari apa yang Allah berikan pada kita.

6. Membuat Hati Tenang

"(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram” (QS Ar Rad : 28)
Dari ayat di atas ditunjukan bahwa orang-orang yang mengingat Allah atau melalukan dzikir menyebut asma Allah maka akan mendapatkan ketenangan hati. Ketenangan hati tentunya adalah hal yang diinginkan atau diharapkan oleh manusia. Semuanya tentu membutuhkan ketenangan jiwa dalam hidup, agar bisa menjalankan kehidupan ini dengan lebih bijak.

7. Mengendalikan nafsu

Kita sebagai manusia dibekali akal dan nafsu oleh Allah, bila berbicara tentang nafsu maka lebih cenderung membawa ke hal-hal negatif. Maka ada cara ampuh untuk tetap bisa mengendalikan nafsu kita dengan cara membaca dan melantunkan asmaul husna. Ada beberapa asma yang bila kita baca terus menerus akan mampu mengontrol hawa nafsu kita, antara lain  al-mumit, al-muhshi.

8. Mencerdaskan otak

Asmaul husna merupakan salah satu nutrisi yang baik bagi otak kita, baik dalam menjaga kesehatan otak, menyeimbangkan otak kanan dan kiri dan lainnya. Selain makan-makanan sehat dan menerapkan pola hidup sehat, anda juga bisa menerapkan cara yang satu ini, yaitu melantunkan asmaul husna. Karena dalam 99 namaNya ada beberapa nama yang berbicara tentang kecerdasan dan kepintaran, antara lain al hakim, al alliyu, al-ilmu

9. Mendekatkan diri pada Allah

Tujuan hidup kita di dunia ini tak lain dan tak bukan adalah senantiasa beribadah kepada Allah dan mendekatkan diri kepadaNya. Ada salah satu ibadah yang mampu mendekatkan kita dengan Allah, salah satunya adalah membaca dan memahami asmaul husna, nama-nama indah yang dimiliki allah.

10. Memperkuat keimanan seorang hamba

dengan senantiasa membaca dan memahami nama-nama yang dimiliki oleh Allah, kita senantiasa semakin yakin bahwa memang tiada Tuhan selain Allah, dan semua kebaikan berasal dariNya, serta patutnya kita hanya meminta kepada Allah. Dengan begini keimanan yang kita miliki akan sempurna tanpa keraguan sedikitpun.

Itulah beberapa manfaat yang akan kita dapatkan ketika kita membaca dan memahami makana dari asmaul husna. Anda bisa membaca dan melantunkan asmaul husna setiap saat semau anda, dimanapun kapanpun anda bisa melakukannya, namun lebih afdolnya lakukan aktivitas ini dalam keadaan suci, seperti ketika sholat wajib ataupun sunnah, ketika membaca Al-Qur’an dan lain sebagainya.

11. Mengingat Dosa-Dosa

Mengingat Allah melalui membaca Asmaul Husna tentunya juga bisa membuat kita teringat pada dosa-dosa yang kita lakukan. Tentunya sebagai manusia ada banyak sekali dosa-dosa yang kita miliki. Dosa-dosa yang kita miliki tentu tidak akan hilang sebelum Allah memberikan ampunan dan magfirohnya pada kita. Untuk itu, dengan membaca Asmaul Husna kita pun teringat agar tidak membuat dosa-dosa yang berlebih kembali

12. Senantiasa Bersyukur akan Nikmat Allah

Dengan membaca Asmaul Husna yang merupakan nama-nama Allah kita pun juga akan senantiasa bersyukur. Kita akan mengingat bahwa tidak ada kenikmatan dan keselamatan yang diberikan dalam hidup kita selain dari yang Allah berikan. Tanpa yang Allah berikan dari kekuasaan dan kemahabesaran-Nya kita tidak akan bisa selamat baik di dunia dan akhirat.

13. Selalu Mengingat Hukum atau Aturan Allah  

Dengan membaca asmaul husna kita pun akan senantiasa mengingat hukum atau aturan Allah. Hukum atau aturan manusia mungkin bisa ditawar atau diubah-ubah, tetapi tidak dengan hukum atau aturan yang Allah buat. Jika manusia menjalankannya maka keselamatan akan didapatkan, sedangkan jika tidak dipatuhi, Allah tidak akan rugi sedikitpun. Justru manusia lah yang membutuhkannya dan memerlukan keselamatan.

14.  Terkondisikan Untuk Senantiasa Beribadah

“Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku.” (QS Thaahaa : 14)

Dalam ayat diatas ditunjukan bahwa Allah memperingatkan manusia agar senantiasa mengingat dan menyembah Allah. Untuk itu, jika manusia benar-benar mengikuti perintah Allah, maka hidupnya akan terkondisikan dengan beribadah dan mencari keridhoan Allah.

15. Jauh dari Keragu-Raguan akan Allah

Semakin sering kita membaca Asmaul Husna tentunya akan semakin sering kita mengingat Allah, meyakni keberadaan atau eksistensi, kebesaran, kekuasaan Allah. Dari situ maka kita akan jauh dari keragu-raguan akan Allah. Semuanya kita yakini sebagai tanda-tanda bahwa Allah adalah satu-satunya Zat Yang Maha Kuasa di dunia ini.

Semoga 15 Manfaat Asmaul Husna ini dapat kita terapkan dengan sebaik-baiknya dan bermanfaat untuk kita semua..Amin
loading...
Loading...

Subscribe to receive free email updates: