Kalimat Dzikir Ini Ringan di Baca Namun Berat Pahalanya

akucintaislami.com - Zikir atau Dzikir adalah sebuah aktifitas ibadah dalam umat Muslim untuk mengingat Allah Swt. Di antaranya dengan menyebut dan memuji nama Allah, dan zikir adalah satu kewajiban yang tercantum dalam al-Qur'an.
"Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya." (QS.Al Ahzab 33:41). Sebagai umat Muslim sangat dianjurkan untuk berzikir kepada Allah Swt. baik dengan zikir-zikir yang panjang maupun yang pendek. Berzikir kepada Allah Swt pada dasarnya tidak berat, sebab dimana saja kita bi berzikir selama tidak ditempat-tempat yang dilarang untuk beribadah. Banyak zikir yang ringan di ucapkan namun sangat berat atau besar timbangan amal ibadahnya. Seperti yang dijelaskan dalam beberapa hadits Rasulullah Saw. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu beliau berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

 كَلِمَتَانِ خَفِيفَتَانِ عَلَى اللِّسَانِ ثَقِيلَتَانِ فِى الْمِيزَانِ حَبِيبَتَانِ إِلَى الرَّحْمَنِ سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيمِ 

“Ada dua kalimat (zikir) yang ringan diucapkan di lidah, (tapi) berat (besar pahalanya) pada timbangan amal (kebaikan) dan sangat dicintai oleh ar-Rahman (Allah Ta’ala Yang Maha Luas Rahmat-Nya), (yaitu): Subhaanallahi wabihamdihi, subhaanallahil ‘azhiim (maha suci Allah dengan memuji-Nya, dan Allah dengan memuji-Nya, dan maha suci Allah yang maha agung)”. (HR al-Bukhari no. 6043 dan 6304 dan Muslim no. 2694)

قَالَ النَّبيُّ صَلَّى اللَّهُ علَيْهِ وَسَلَّمَ: أَلَاْ أَدُلُّكَ عَلَيْ كَلِمَةٍ مِنْ تَحْتِ الْعَرْشِ هِيَ كَنْزُ الْجَنَّةِ تَقُوْلُ لَاْ حَوْلَ وَلَاْ قُوََّةَ إِلَّاْ بِاْلله فَيَقُوْلُ الله : أَسْلَمَ عَبْدِيْ وَاْسْتَسْلَمَ 

Nabi SAW bersabda, "Maukah aku tunjukkan kepadamu sebuah kalimat dari bawah Arsy yang merupakan harta simpanan surga, hendaknya kamu mengucapkan, “La Haula wa la Quwwata illa billah”, maka Allah akan berkata, “Hambaku telah selamat dan patuh”. (HR. Hakim dari Abu Hurairah RA). Rasulullah Saw bersabda : “Barangsiapa mengucapkan subhanallah wabihamdihi seratus kali dalam sehari, ia akan diampuni segala dosanya sekalipun dosanya itu sebanyak buih di laut.” (HR Muslim dan Tirmidzi) Rasulullah Saw bersabda :

 "Ucapan Alhamdulillah bisa memenuhi timbangan amal", Imam Al-Qurtubhi menjelaskan bahwa : ucapan alhamdulillah merupakan pujian kepada Allah dengan sifat-sifat Nya yang sempurna. Maka barang siapa memuji Allah S.W.T dengan menghadirkan makna Alhamdulillah di dalam hati , 

timbangan amalnya akan penuh dengan kebaikan. Dari Abu Hurairah r.a. berkata : Telah bersabda Rasulullah SAW : “Yang akan mencapai kebahagiaan dan keuntungan melalui syafaatku ialah orang yang mengucap kalimah Lailahaillallah dengan hati yang ikhlas.” (HR. Bukhari). Hadits-hadits ini menunjukkan besarnya keutama'an dzikir dan menghayati kandungan maknanya, karena amal shaleh ini dicintai oleh Allah Ta’ala dan menjadikan berat timbangan amal kebaikan seorang hamba pada hari kiamat.

  (Lihat keterangan imam Ibnu Hibban dalam kitab “Shahih Ibnu Hibb) Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang beberapa zikir yang ringan dildah namun berat timbangan amal ibadahnya. Mudah-mudahan kita selalu berzikir kepada Allah Swt. Aamiin.

Sumber: www.bacaanmadani.com

loading...
Loading...

Subscribe to receive free email updates: