Hati-Hati! Inilah Cara Berdoa yang Mustahil Dikabulkan

akucintaislami.com - Berdoa kepada allah agar kita mendapatkan berkah dan keinginan yang di capai, Selain berusaha, manusia diperintahkan untuk berdoa kepada Allah SWT. Sebab semua terjadi atas kehendak Allah. Namun, tidak semua doa dikabulkan, meski Allah maha segala-galanya. Allah memerintahkan kita untuk tidak berlebih-lebihan dalam berdoa.  

Sebab doa tersebut menghalangi naik ke langit dan terkabul. Seperti dijelaskan dalam firman Allah, “Berdoalah kepada Tuhanmu dengan rendah hati dan suara yang lembut. Sungguh, Dia tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.” (QS. Al-A’raf : 55) Rasulullah juga mengingatkan para sahabat akan datang orang yang berlebih-lebihan dalam berdoa. “Dari umat ini akan muncul suatu kaum yang berlebih-lebihan dalam hal berdoa dan bersuci.” (HR. Ahmad 20554, Abu Daud 96, Ibnu Majah 3864, Syuaib Al-Arnauth menilai hadis ini hasan).

 Lantas, seperti apakah doa berlebihan yang dimaksud? Berikut penjelasannya yang diambil dari buku Doa Menembus Langit karya Hj. Fadillah Ulfa, Lc., M.A. 

Meminta hal mustahil 

Misalnya meminta kepada Allah ingin hidup kekal hingga datangnya hari kiamat. Atau berdoa seperti, “Ya Allah jadikanlah aku 10 orang yang dikabarkan akan masuk surga''. 

Meminta Dengan Berlebihan

Berdoa seperti, “Ya Allah berikanlah aku istri yang cantik, kulit putih, tinggi 165, mata biru, rambut panjang, dan lain sebagainya.

Mengandung dosa  

“Janganlah kalian mendoakan kebinasaan terhadap diri kalian, janganlah kalian mendoakan kebinasaan terhadap anak-anak kalian, dan jangan pula kalian mendoakan kemusnahan terhadap harta benda kalian.” (HR. Abu Dawud). 


Suara tinggi dan keras 

Sesungguhnya Allah Maha Dekat, dan bahkan lebih dekat dengan urat nadi manusia. Oleh karena itu saat berdoa, ucapkanlah dengan suara lembut dan pelan.
loading...
Loading...
loading...

Subscribe to receive free email updates: