Unik, Ini 4 Manfaat yang Didapat Saat Menguap

akucintaislami.com - Menguap sering diartikan bahwa seseorang sedang bosan, ngantuk, lemas, dan kondisi tidak positif lainnya. Yang unik, jika ada satu orang dalam sebuah kelompok yang menguap, maka orang lain yang ada di dekatnya akan mudah sekali tertular dan beberapa saat kemudian akan menguap juga.

Namun dibalik hal itu ternyata menguap juga memberi manfaat untuk tubuh lho. Walau sering dipandang bukan hal yang baik, berikut ini adalah manfaat yang akan diperoleh jika seseorang menguap seperti dilansir laman thehealthsite:

Darah mengalir ke otak
Studi yang dilakukan ilmuwan mengungkap bahwa saat menguap, maka aliran darah menjadi lebih lancar ke organ otak. Ini berguna untuk mendinginkan, serta meningkatkan gairah serta efisiensi mental. Sistem saraf pun akan terstimulasi dengan kegiatan alami itu.

Mengurangi sakit di telinga
Pernah naik pesawat terbang dan merasa sakit di bagian telinga? Banyak orang yang menderita akibat hal itu jika tak tahu bahwa obatnya sangat sederhana, yakni menguap.

Lancarkan aliran oksigen di otak
Mekanisme tubuh yang terjadi saat menguap memicu banyak oksigen tersedot ke paru-paru kemudian mengalir lebih lancar ke berbagai organ di tubuh termasuk otak. Hasilnya karbondioksida dapat dibuang lebih banyak dan tak lagi meracuni tubuh.

Tanda simpati
Menguap lebih banyak menular terhadap orang yang disukai atau Anda simpati terhadapnya, ketimbang terhadap orang asing. Hal itu dinyatakan oleh sebuah penelitian di Amerika tahun 2011 yang memakai simpanse sebagai objek.

Kawanan simpanse itu diberi tontonan video yang memperlihatkan beberapa adegan menguap. Sebagian yang menguap adalah orang yang mereka kenal dan sukai, sedang sebagian lagi orang yang tidak dikenal. Hasilnya kawanan simpanse lebih banyak ikut menguap saat melihat orang yang mereka sukai menguap, dibanding orang yang tak dikenalnya. Itu tanda bahwa mereka simpati terhadap orang itu, kata para ilmuwan.
loading...
Loading...
loading...

Subscribe to receive free email updates: