Hukum Mengusapkan Kedua Tangan ke Muka selesai Berdoa

akucintaislami.com - Para ulama dari mazhab empat sepakat mengatakan bahwa mengusap muka dengan kedua telapak tangan setelah berdoa hukummnya sunnah. Begitu juga setelah doa qunut dalam sholat juga disunnahkan menurut mazhab Hanbali. Mazhab Syafii mengatakan tidak disunnahkan mengusap muka setelah doa Qunut.

Dalam kitab Fatawa al-Hindiyah 5/318 dikatakan bahwa mengusab muka dengan kedua tangan setelah doa, dikatakan tidak perlu, tetapi para ulama Hanafi menganggap itu sunnah.

Dalam kitab Maliki al-Fawakih ad-Dawani 2/330: Dipertentangkan apakah mengangkat tangan ketika doa atau tidak? Kalau mengangkat tangan apakah disunnahkan mengusap muka setelah doa apa tidak? Riwayat Tirmidzi dari Umar ra menyebutkan bahwa Rasulullah saw ketika mengangkat tangan beliau untuk berdoa, beliau tidak menurunkannya sampai mengusap muka beliau dengan kedua telapak tangan. Begitu juga dipertentangkan hukumnya membuka tangan ketika doa, itu tidak mengapa karena mencerminkan sikap merendah di hadapan Allah dengan penuh harap. Begitu juga disunnahkan mengusap muka dengan kedua tangan setelah doa sebagaimana dilakukan Rasulullah saw. 2/335.

Dalam kitab mazhab Syafii disebutkan sbb: dalam kitab Fatawa Ibnu Hajar 1/137, Beliau ditanyai tentang mencium kedua tangan setelah doa di luar sholat. Beliau menjawab bahwa itu tidak ada landasannya dan sebaiknya tidak dilakukan.

Dalam kitab Mugni al-Muhtaj 1/370: Adapun mengusap selain muka seperti dada maka tidak disunnahkan, bahkan sebagian ulama mengatakan itu makruh. Adapun mengusap muka setelah doa di luar sholat, Ibnu Abdus Salam melarangnya. Ada hadist yang meriwayatkan demikian sebagian gharib, sebagian dlaif. Meskipun demikian Ibn Abdussalam tetap mengatakan itu sunnah. Dalam Hasyiah Bujairami dikatakan tidak disunnahkan mengusap muka dalam sholat tetapi disunnahkan di luar sholat.

Dalam maraji' fiqh Hanbali dikatakan dalam kitab al-Mughni 1/449: dalam masalah ini kami menggunakan hadist Rasulullah saw bersabda "Ketika kamu berdoa maka berdoalah dengan telapak tanganku, jangan berdoa dengan pnggung tanganmu, ketika selesai berdoa usaplah mukamu dengan kedua tanganmu". Hadist riwayat Abu Dawud, Ibnu Majah. Ketika selesai Qunut apakah juga melakukan demikian? Ada dua riwayat. Pertama mengatakan itu tidak disunnahkan. Imam Ahmad mengatakan aku tidak mendengarnya satu hadist pun tentang itu. Alasan lainnya itu adalah doa, maka tidak mengusap muka seperti doa lainnya dalam sholat. Ibnu Taimiyah dalah Fatawa Kubra 2/219 mengatakan adapun Rasulullah saw mengangkat kedua tangan saat berdoa telah datang riwayat banyak sekali yang sahih, adapun mengusap muka setelah doa hanya ada satu atau dua hadist tentang itu yang tidak begitu kuat.

Dalil-dalil:

1. Hadist Umar dan Ibnu Abbas ra:"Rasulullah saw ketika membuka tangan beliau untuk berdoa, beliau tidak mengembalikannya sebelum membasuh muka beliau. Riwayat Tirmidzi. Hadist ini mempunyai penguat dari rieayat Abu Dawud dari Ibnu Abbas dll sehingga kesemuanya dapat dikatakan mencapai tingkat Hasan. Shon'ani dlam Subulussalam 4/427 mengatakan : ini dalil atas disunnahkannya membasuh muka setelah berdoa. Munasabahnya, ketika Allah swt tidak pernah menolak doa hamba dengan kosong, maka seakan ada rahmat yang diberikan saat doa, maka sangat tepat mengguyurkan rahmat tersebut ke arah muka karena muka adalah anggota badan yang paling mulia dan paling berhak untuk dihormati.

2. Hadist Yazid ra dalam Abu Dawud 2/79: Bahwa Rasulullah saw ketika berdoa mengangkat kedua tangan beliau lalu mengusapkannya ke muka beliau.
Hadist Ibn Umar riwayat Thabrani 12/323 Rasulullah saw bersabda "Sesungguhnya Tuhanmu Maha Hidup dan Maha Dermawan, malu ketika hambaNya mengangkat dua tangan lalu menolaknya dengan hampa, tanpa ada kebaikan, ketika kalian berdoa bacalah Ya Hayyu, Yaa Qayyuum, Laailaaha Illaa Anta, Yaa Arhamar Rahimiin tiga kali lalu kembalikan kedua tangannya yang penuh kebaikan ke wajahnya". Al-Haitsami mengatakan dalam hadist ini ada Jarud bin Yazid yang dlaif.

Imam Bukhari dalam kitab Adabul Mufrad 214 meriwayatkan bahwa Umar, Ibn Zubair ketika selesai berdoa mengusapkan kedua tangannya ke muka beliau. Dalam Mushonnaf Abdul Razaq 2/252 juga diriwayatkan Ibn Umar melakukan hal yang sama. Abdul Razaq berkata aku juga melihat Ma'mar berdoa dengan kedua tangan di arah dadanya lalu menusap muka dengan kedua tangan.
Dari Risalah Abdul Fattah bin Salih Qudais al-Yafii
loading...
Loading...
loading...

Subscribe to receive free email updates: