Perjalanan Julia Perez Melawan Kanker Mulut Rahim Berakhir


akucintaislami.com - Setelah kurang lebih tiga tahun berjuang melawan kanker mulut rahim, penyanyi dangdut Julia Perez akhirnya 'menyerah' pada Sabtu (10/6/2017).

Wanita yang akrab disapa Jupe itu mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat, setelah menjalani operasi besar pada perutnya, Jumat (9/6/2017).

Berikut ini riwayat perjalanan Julia Perez dalam melawan kanker mulut rahim yang dideritanya.

Jupe Mengungkapkan Penyakitnya

Kala itu Jupe mengumumkan bahwa dirinya baru saja dinyatakan mengidap kanker oleh dokter.

"Aku kena kanker serviks, stadium 2A," kata Jupe seraya terisak dan mengusap air matanya saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta, Senin (27/10/2014).

Jupe mendadak mengumumkan hal tersebut. Untuk mendukung pernyataannya, Jupe juga menunjukkan hasil pemeriksaannya selama berobat di Singapura.

"Ini yang selama ini aku tutupin dari kalian. Menurut aku, penyakit ini yang dibutuhkan ketegaran mental. Aku harus selalu berpikir positif," ungkap Jupe.

Jupe Jalani Operasi Pertama

Setelah divonis menderita kanker, Julia Perez akhirnya memutuskan untuk menjalani operasi pertamanya di Singapura.

"Jadi hari ini pergi berangkat ke Singapura untuk operasi, operasinya pemotongan dari leher rahim," terang Jupe saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Senin (27/10/2014).

Jupe menuturkan, saat kali pertama divonis, ia disarankan menjalani kemoterapi. Karena tidak memercayai vonis itu, ia pun memeriksakan diri ke dokter lain. "Ada kali 20 dokter saya datengin. Banyak yang suruh saya kemo. Saya enggak ingin melakukan karena menghasilkan lebih depresi, rambut rontok, mood jelek. Saya cari operasi lain," kata dia.

"Ternyata kalau masih stadium 2A bisa dioperasi. Dokter saya di Australia dan Eropa juga usulkan operasi untuk pemotongan leher rahim," sambungnya lagi.

Usai Jalani Paket Kemoterapi Pertama

Pada Januari 2015, Jupe menyatakan bahwa dirinya sudah selesai menjalani kemoterapi paket pertama.

"Saya sudah stop enggak minum obat-obatan dan sudah stop kemo (kemoterapi). Insya Allah sudah diangkat penyakitnya," kata perempuan bernama lahir Julia Rachmawati ini seusai menghadiri acara press screening film Garuda Superhero di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (6/1/2015) malam.

Namun, saat itu Jupe mengaku masih merasa lemas jika terlalu lama berdiri.

"Masih, masih lemas. Kalau take vocal saya kan sudah biasa, tetapi satu jam tegak berdiri enggak bisa," ujarnya.

Kembali Bermasalah

Kondisi kesehatan Julia Perez kembali bermasalah. Pada Juni 2016, Jupe kembali menjalani operasi saraf perut. Operasi ini dilakukan sebagai salah satu rangkaian pengobatan kanker mulut rahim. Pada Desember 2016, kanker yang diidap Jupe sudah memasuki stadium IV .

"Orang enggak akan percaya kalau saya ini sekarang sudah stadium IV karena saya masih bisa tertawa sama teman-teman semua," ujarnya.

Jupe percaya bahwa penyakit yang bersemayam di tubuhnya adalah sebuah cara Tuhan untuk membantu dirinya menghapus dosa.

"Berarti Tuhan kasih saya sakit untuk hapusin dosa saya dan saya yakin kalau Tuhan sudah persiapkan sesuatu yang indah untuk saya," ucapnya.

Semakin Menurun

Kondisi Julia Perez menurun pada Februari 2017. Ia pun kembali dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat. Beberapa perawatan terpadu dijalani Jupe mulai dari cuci darah hingga menjalani sejumlah operasi. Ia bahkan memerlukan donor darah A+.

April 2017, kondisi Jupe kembali drop, bahkan pemain Gending Sriwijaya itu dikabarkan tak lagi mengenal rekan-rekan selebritis yang mengunjungi dirinya.

"Dia ada kenal orang, ada juga dia enggak kenal orang. Jadi dia harus diingetin lagi," ucap Nia usai konferensi pers acara penggalangan dana untuk Jupe di Warung Komando, Jakarta Selatan, Kamis (13/4/2017) sore.

Beberapa penggalangan dana juga digelar demi membiayai rumah sakit Jupe.

Perjuangan Itu Pun Berakhir

Pada Jumat (9/6/2017), Jupe kembali menjalani operasi perut. Sayangnya itu adalah perjuangan terakhirnya untuk melawan kanker mulut rahim.

Jupe pun meninggal dunia pada Sabtu (10/6/2017).

Selamat jalan Julia Perez, dendang dan aktingmu akan selalu dikenang...[kompas]
loading...
Loading...

Subscribe to receive free email updates: