Inilah Tiga Manfaat Utama Berdoa untuk Wanita Shalihah


akucintaislami.com - Seperti halnya yang kita ketahui bahwa menjadi seorang muslim adalah dengan berdoa kepadaNya. Sebagai seorang muslim Al-Quran merupakan kunci utama dalam berdoa. Ada banyak kandungan isi di dalam Al-Quran yang menjelaskan bagaimana kehidupan dan amalan sudah di atur di dalam Al-Quran tinggal bagaimana kita sebagai umat Muslim harus mengamalkan dengan baik.

Muslimah diwajbkan harus selalu taat dengan ajaran agama Islam. Salah satunya adalah taat untuk menutup aurat. Hal tersebut juga sudah tertulis di dalam Al-Quran. Selain itu terdapat manfaat utama yang di dapat dari keutamaan wanita shalihah membaca Al-Quran. Sebagai muslimah kita ketahui adalah Al-Quran merupakan kitab suci yang di dalamnya Allah memiliki firman tentang segala hal. Di dalamnya tidak hanya berisi peringatan dan hukum-hukum syariat. Tetapi berisi pula kisah para nabi dan orang-orang terdahulu. Dan untuk kebahagiaan dan keselamatan umat manusia di dunia maupun di akhirat nanti, dengan Al-quran mengajarkan banyak sekali kalimat doa yang ada di dalamnya.

Di dalam ayat-ayat Al-Quran berisi tentang kemakbulan yang dapat kita buktikan dari kisah para utusan Allah terdahulu yang mengamalkan doa-doa tersebut. Oleh sebab itu, yakinlah dengan hati bahwa doa dapat digunakan sebagai senjata, pilar, dan cahaya bagi kita. Seperti halnya dalam hadits Rasulullah SAW yang artinya: “doa adalah senjata orang mukmin dan tiang (pilar) agama serta cahaya langit dan bumi“. (HR. Aby Ya’la). Ada banyak doa-doa yang diajarkan oleh Allah SWT kepada Muhammad SAW yang nantinya akan diturunkan bagi umatnya. Umat semasa beliau hidup dan umat-umat sesudahnya.
Tiga Manfaat Utama Berdoa untuk Wanita Shalihah

Berikut ini akan di jelaskan manfaat dan keutamaan doa terutama bagi para muslimah.
1. Setiap doa selalu diperkenankan Allah.

Hal tersebut ditegaskan Allah dalam firmanNya:

 


Artinya: “Dan Tuhanmu berfirman, Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenanka bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembahKu (berdoa kepada-Ku) akan masuk Neraka Jahanam dalam keadaan hina dina“. (QS: Al-Mukmin: 60).
2. Menjaga agar selalu dalam kebenaran.

Sebagaimana firman Allah:

 

Artinya: “Dan apabila hamba-hambaKu bertanya kepadamu tentang Aku, maka (Jawablah), bahwasanya aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran“. (QS: Al-Baqarah: 186).
3. Doa adalah ibadah.

Dalam sebuah hadits, Rasulluallah bersabda yang artinya: “doa adalah inti ibadah”.  Rabb kalian berfirman, “berdoalah kepada-Ku niscaya Aku akan memperkenankan untuk kalian”.

Baca: Waktu Yang Paling Baik Dan Mustajab Untuk Berdoa

Namun, juga dari manfaat di atas, terdapat tiga kemungkinan utama manfaat berdoa, yakni: Allah SWT akan memberikan tiga kemungkinan utama dalam berdoa. Dalam hadist yang diriwayatkan oleh At- Tirmidzi dan Ahmad. Rasulullah bersabda yang artinya: “Tidaklah seorang muslim berdoa kepada Allah dengan suatu doa yang di dalamnya tidak mengandung dosa dan pemutusan sillahturahmi, melainkan dia memberikan kepadanya salah satu dari tiga itu akan dikabulkan“.

Sebagai seorang wanita shalihah hendaklah kita berdoa yang tidak mengandung dosa atau pemutus tali silaturahim antar sesama muslim. Dengan demikian kita akan mendapatkan manfaat dari doa yang kita panjatkan kepada Allah. Bagaimana sekarang sahabat muslimahku, sudah tahu bukan bagaimana khazanah manfaat dari berdoa?. Semoga Tiga Manfaat Utama Berdoa untuk Wanita Shalihah ini dapat memicu kita para muslimah agar senantiasa selalu berdoa dengan doa yang baik. Karena doa adalah senjatanya orang beriman.[catatanmoeslimah]
loading...
Loading...
loading...

Subscribe to receive free email updates: