Jika Kelak Kematian Tiba, Urusan Manusia Tak Benar Benar Telah Selesai


akucintaislami.com - Manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna. Maka dari itu, kelak di hari akhir, hari pembalasan, manusia merupakan makhluk yang akan dimintai pertanggungjawaban atas segala perbuatannya selama hidup di dunia. Hal tersebut membuktikan bahwa kelak manusia yang telah tiada (mati) tetap akan dibangkitkan kembali untuk dihakimi.

Bagi Anda yang saat ini masih hidup, masih bisa menghirup nafas segar, maka saat ini merupakan waktu yang sangat tepat untuk melaksanakan segala ibadah supaya kelak di hari pembalasan dapat memiliki jumlah pahala yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan jumlah dosanya. Sehingga Anda dapat terhindar dari siksa api neraka. Allahumma Aamiin. Allah berfirman dalam surat Al Ankabuut ayat 57 yang artinya “Tiap tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kemudian hanya kepada Kami kamu dikembalikan.” Ayat ini menjelaskan kepada umat manusia bahwa umat manusia memang kelak akan mati, sebab umat manusia merupakan salah satu makhluk yang berjiwa, sehingga berdasarkan ayat tersebut umat yang berjiwa akan mengalami kematian dan hanya akan kembali kepada Kami, dalam hal ini Kami adalah Allah.

Maka dari itu, umat manusia hendaknya selama masih hidup selalu melakukan hal hal yang baik dan memberikan manfaat, baik kepada dirinya sendiri maupun kepada orang lain dan lingkungan sekitar. Hal ini sebagai bekal bagi umat manusia untuk kehidupan kelak di hari setelah manusia dibangkitkan dari kematian.

Hal ini juga telah dijelaskan dalam salah satu firman Allah bahwa semua umat manusia kelak akan kembali dibangkitkan setelah mengalami kematian. Manusia yang telah mati tidak sepenuhnya terbebas dari segala urusan, hanya saja mereka telah terbebas dari urusan duniawi.

Di kehidupan selanjutkan, manusia manusia akan mempertanggungjawabkan segala urusan duniawinya. Manusia akan dihakimi satu per satu. Mereka yang memiliki amal ibadah yang baik, maka surga merupakan  tempat yang paling pantas untuk mereka. Sedangkan bagi mereka yang memiliki dosa yang lebih banyak, maka neraka jahanam adalah tempat untuk mempertanggungjawabkan segalanya.[beritamuslim]
loading...
Loading...

Subscribe to receive free email updates: