Jika Kamu Cinta Dia, Tapi Orang Tua Berkata Tidak


akucintaislami.com - Rasa sayang dan cinta adalah anugrah Tuhan yang tidak pernah terbantahkan. Kamu nggak akan pernah tau kapan kamu dilanda rasa jatuh cinta kepada seseorang, bahkan dengan siapa. Yang kamu tau sindrom merah muda itu telah meliputi hati kamu, dan kamu enggan untuk kehilangan dia. Hidup yang kamu rasakan saat ini lebih berwarna dan bahagia ketika dia hadir. Kamu ingin selalu bersamanya hingga maut memisahkan.

Namun bagaimana jika sebelum maut itu datang kamu dan pasanganmu terancam putus, bukan karena ego kalian, bukan karena sudah tidak cocok satu sama lain, atau bukan karena rasa cinta itu sudah hilang. Hubungan cinta kalian bisa saja berakhir, karena ada orang lain yang menghalanginya. Orang ini adalah lingkup terdekatmu sebelum mengenalnya. Mereka adalah orang tuamu, yang enggan menerimanya dan merasa bahwa pasanganmu tidak pantas bersanding dengan kamu sebagai teman hidupnya.

Mereka Hanya Belum Mengenalnya, Jadilah Perantara Mereka Mengenal Pasanganmu

Pepatah bilang tak kenal maka tak sayang. Sepertinya hal ini berlaku untuk apa saja dan siapa saja, termasuk orang tuamu. Ketika restu tidak ada ditangan, mungkin karena mereka belum kenal seperti apa pasangannya. Sebagai orang tua pasti ada ke khawatiran kepada anaknya dan ingin anaknya mendapatkan pasangan yang terbaik.

Karena keinginan mereka itulah yang membuat mereka tidak menyetujui hubungan kalian. Jadi karena kamu mengenal orang tuamu dan juga mengenal pasanganmu, tidak ada salahnya kalau kamu menjadi perantara mereka. Ceritakan kepada orang tuamu seperti apa pasanganmu, jangan melebihkan untuk memberikan kesan yang baik. Ada baiknya kamu mengatakan apa adanya tentang pasanganmu dan apa yang membuat kamu jatuh cinta kepadanya.

Setiap Penilaian Punya Alasan, Cari Tahu Apa yang Membuat Orang Tuamu Tidak Merestui

Ketika kamu memutuskan untuk mencintai atau tidak mencintai pasanganmu, pasti ada alasan kuat yang mendasari hal itu. Tentu saja itu juga berlaku untuk orang tuamu, ada alasan yang kuat mengapa mereka menyetujui atau bahkan tidak menyetujuinya. Biasanya ada alasan tertentu selain sebuah insting (terutama dari pihak ibu). Daripada kamu sibuk menyalahkan keadaan, alih-alih membenci orang tuamu lebih baik kamu mencari tahu apa alasannya. Mengapa beliau tidak menyetujui hubungan kalian. Apa yang membuat mereka kurang cocok dengan pasanganmu sehingga menganggap bahwa pasanganmu adalah pasangan yang tidak tepat untukmu. 

Hubungan itu Tentang Komunikasi, Bangun Komunikasi yang Bagus Kepada Pasangan dan Orang Tuamu

Jika kamu tetap ingin mempertahankan pasanganmu, jalan yang kamu harus lalui adalah berkomunikasi dengan baik dengan pasanganmu dan orang tuamu. Buatlah pasanganmu nyaman meskipun dia tau bahwa orang tuamu tidak menyetujui hubungan kalian, yakinkan dia bahwa ini semua bisa dilalui dengan baik meskipun butuh waktu yang tidak sebentar. Jangan buat kondisinya semakin buruk, atau jangan jadikan restu orang tuamu sebagai bahan untuk bertengkar. Hal yang sama harus kamu lakukan dengan orang tuamu. Setelah kamu mencari tau penyebab mereka tidak menyetujui hubungan kalian, cobalah berikan pengertian dan alasan yang kuat kepada mereka.

Ungkapkan isi hati yang kamu rasakan tanpa mengabaikan kekhawatiran mereka terhadap dirimu dan pasangan. Ungkapkan bahwa kamu paham jika mereka ingin kamu mendapatkan pasangan yang terbaik, dan pasanganmu saat ini adalah yang terbaik yang kamu yakin akan menjadi pasangan hidup yang hebat karena usahanya yang selalu mencoba membahagiakanmu, yang menerima semua kurangmu, dan tidak menyerah kepada keadaan kalian sesulit apapun itu.

Restu orang tua memang jalan untukmu menggapai suatu kebahagiaan. Namun orang tuamu adalah manusia biasa sama dengan manusia lainnya. Usahakan semampumu untuk meyakinkan mereka, sampai benar-benar tidak bisa lagi diperjuangkan. Tidak ada orang tua yang mau menjuruskan anaknya ke dalam lubang yang salah, tapi mungkin caranya yang tidak menyenangkan menjadikan itu terlihat salah olehmu. Ketika Tuhan menetapkan dia sebagai jodohmu, maka halangan sesulit apapun tetap akan bisa kamu lewati bersamanya dan kamu tetap akan bersamanya dan restu orang tuamu bukan lagi perkara yang sulit.[rgprmn]
loading...
Loading...
loading...

Subscribe to receive free email updates: