Doa Ibu Hamil yang Dianjurkan Saat Kehamilan Berusia 4 Bulan


akucintaislami.com - Usia kandungan memasuki empat bulan merupakan masa yang paling istimewa jika dibacaan doa ibu hamil ini. Dalam ajaran Islam, usia itu merupakan saat ruh ditiupkan ke dalam janin yang telah tumbuh di kandungan seorang ibu.

Bisa disebut pula, kehidupan seorang manusia baru dimulai di usia ini yakni doa ibu hamil 4 bulan. Yaitu ketika ruh sudah bersemayam di dalam janin. Maka sangat dianjurkan saat kandungan memasuki usia empat bulan ini, seorang ibu harus rajin untuk merangsang komunikasi kepada sang calon bayi, terutama rangsangan seperti sering mendengarkan murotal atau membaca Al-Qur’an.

Karena momen ini teramat istimewa, dianjurkan untuk memohon kebaikan kepada Allah SWT. Ini agar sang anak kelak mendapatkan kebaikan dan tumbuh sebagai manusia yang berakhlak. Sang ibu dan bapak harusnya lebih rajin untuk menjalankan ibdah wajib dan juga sunnah, supaya anaknya kelak terlahir soleh dan solihah seperti kedua orang tuanya. Doa ibu hamil.

Sebagian muslim terkadang menggelar hajatan ketika usia kandungan seorang ibu masuk periode ini. Hajatan ini dimaksudkan untuk mendoakan si janin mendapat kebaikan dari Sang Pencipta. Berikut lafal doa yang dianjurkan dibaca saat usia kandungan masuk 4 bulan menurut agama islam:

     “Allahummahfazd waladii maadaama fii bathnika wasyfihi anta syaafil laa syifaa illa syofaauka syifaa allaa yughaadiru saqama.

    Allahumma showwirhu hasanata watabbit qalbahu iimaanambika wabi rasuulika.

    Allahumma akhrijhu mimbathnii waqta wilaadatii sahlaw watasliimaa. Allahummaj’alhu shohiihan kaamilaw wa’aaqilan hadziqon ‘aliman ‘aamilaa.

    Allahumma thowwil ‘umrohu washohhih jasadahu wahasan khuluqohu wafshoh lisaanahu wa ahsin shoutahu liqirooatil hadiitsi walquraani bibarakati muhammadin shollallahu ‘alaihi wa sallam. walhamdulillahi robbil ‘aalamiin.”


    Artinya: “Ya Allah, peliharalah dia selama berada dalam kandungan ibunya. Sehatkanlah dia, karena sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang bisa menyehatkan. Tiada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit sedikitpun.

    Ya Allah, Bentuklah dia di dalam perut ibunya dalam bentuk yang bagus dan tetapkanlah hatinya dalam keimanan kepada-Mu dan Rasul-Mu.

    Ya Allah, keluarkanlah dia dari perut ibunya pada saat kelahirannya dengan mudah dalam keadaan selamat dan dengan bentuk yang indah dan sempurna.

    Ya Allah, Jadikanlah dia anak yang sehat dan sempurna, berakal yang cerdas, yang alim, dan mau mengamalkan ilmunya.

    Ya Allah, panjangkanlah umurnya, sehatkanlah tubuhnya, baguskanlah akhlaqnya, fasihkanlah dan merdukanlah suaranya untuk membaca Alquran dan Alhadist dengan berkah NabiMuhammad SAW. Dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam.”

Doa ini harus dibaca rutin tiap usai sholat fardhu atau dalam keadaan apapun hendaknya kita sering membaca doa ini. karena apa? Karena setiap oran tua pasti inginkan anak yang terlahir sehat, soleh atau solehah, cantik atau ganteng, berakhlak baik dan juga cerdas. Doa ibu hamil.

Sehingga, selin seorang ibu memperhatikan asupan gizi dan pola hidupnya saat sedang hamil. Sang ibu juga harus sering membaca doa ini saat usia mulai masuk empat bulan, hingga kandungan sampai berusia sembilan bulan. Membaca doa lain pun juga diperbolehkan, karena semakin banyak dan sering doa yang kita panjatkan kepada Allah, maka tentu Allah akan sering mendengar permintaan kita. Dengan izinNya, semua akan menjadi nyata. Doa ibu hamil.

Inilah tentu mengapa seoran suami harusnya memilih istri yang agamanya bagus cerdas, sabar dan juga telaten. Karena cantik, harta atau nasabnya saja tidak cukup mampu untuk membuat sang janin mendapatkan saupan rohani yang cukup, seperti apa yang dipaparkan diatas tadi. Sehingga peran seorang ibu dengan kandungannya sangatlah penting dan mendominasi, untuk melahirkan anak-anak yang luar biasa. Doa ibu hamil.

Jika kamu saat ini sedang mengandung, maka jangan lupa untuk membaca doa ibu hamil yang sudah dipaparkan diatas ya sob?, dan buat kamu calon ibu, penting untuk mempersiapkan hal ini, supaya kelak jika kamu menghadapi fase ini, kamu tidak akan kaget dan sudah tau apa yang harusnya kamu lakukan supaya janin yang ada dalam kandunganmu sehat hingga proses lahiran. Tak hanya itu, peran ayah juga sangat penting untuk ikut mendoakan sang calon bayi, sehingga doa antara suami istri bisa bersatu dan lebih berkah. Amin.[sumber]
loading...
Loading...

Subscribe to receive free email updates: