Pemberian Yang Paling Mulia Orang Tua Pada Anaknya Adalah Ilmu Dan Didikan Akhlaq Yang Mulia


akucintaislami.com - Orang tua mempunyai kewajiban besar untuk membekali anak-anaknya dengan budi pekerti dan akhlaq yang mulia, karena ia bertanggung jawab penuh terhadap masa depannya didunia sampai akhirat.

Maka dari itu bekalilah anak-anakmu dengan pengetahuan agama dan didiklah mereka dengan akhlaq yang mulia, sebab tak ada pemberian orang tua yang paling mulia kepada anaknya selain ilmu dan didikan akhlaq yang baik.

Karena harta berlimpah sebanyak apapun tidak akan berarti apa-apa jika kamu tidak membekali anakmu dengan ilmu-ilmu Allah, sebab harta tidak dapat terjaga dengan baik jika yang menjaganya tak memeliharanya dengan pengetahuan agama. Ingatlah, bukan harta berlimpah yang menjadikan anak-anakmu bisa bersikap dan berperilaku yang baik, tetapi didikanmulah yang mampu menjadikan mereka sosok yang bertanggung jawab. Maka didiklah ia dengan pengetahuan agama agar kamu menjadi orang tua yang beruntung, baik didunia maupun diakhirat. Bukan mobil mewah yang membuat anak-anakmu terlihat tangguh diidepan orang lain, tetapi jati dirinya yang baik dan shaleh yang menjadikannya begitu bernilai didepan semua orang. Maka pupuklah ia dengan nilai-nilai agama, agar kamu bisa merasa bahagia memilikinya, sebab sifat adil dan bijaksananya dalam membawa hidup. Bukan pakaian mewah dan perhiasan mahal ynag membuat anak-anakmu terlihat indah, tetapi ia akan indah saat akhlaq mulia yang ia punya selalu ia jadikan pengendali sikap dan perilakunya. Maka bidiklah ia dengan tanpa bosan melalui ilmu Allah, katakan padanya bahwa perhiasan paling berharga seorang manusia adalah akhlaq mulia dan ilmu pengetahuan. Bukan uang berlimpah yang mampu menjadikan anak-anakmu bahagia mengarungi kehidupan yang begitu keras ini, tetapi ilmu yang selalu ia pakai untuk selalu mencari makna kehidupan. Maka torehkanlah ia kasih sayang yang bersumber pada kasih sayang Allah, agar ia selalu bisa membuat hidupnya lebih baik dan bermakna. Dan bukan hanya kebebasan yang membuat anak-anakmu merasa senang melihat indahnya panorama dunia, tetapi perhatianmulah yang paling membuatnya senang melihat dunia. Anakmu akan merasa senang dan bangga saat kamu sebagai orang tua selalu memberinya perhatian terus menerus dengan penuh ketelatenan dan kesabaran.

Maka jangan bosan untuk terus-menerus memerhatikan anak-anakmu dengan kasih sayang Allah, jagalah ia dengan cara yang sudah Allah ajarkan dalam islam. Sebab, anakmu akan menjadi berharga dalam kehidupan dunia dan akhiratmu saat kamu mampu menjadikannya sosok yang selalu berbuat kebaikan dalam jalan Allah.

Maka bekalilah ia dengan ilmu dan akhlaq mulia, agar ketika kamu sudah tidak bersamanya didunia kamu masih bisa merasakan kebahagiaan yang sesungguhnya.[hmirh]
loading...
Loading...
loading...

Subscribe to receive free email updates: