MasyaAllah, Ternyata Ini Sedekahnya Para Sahabat Nabi


akucintaislami.com - Dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda yang artinya : “Janganlah kalian mencela para Sahabatku! Seandainya salah seorang di antara kalian mengeluarkan infak emas sebesar gunung Uhud, niscahya hal itu masih belum bisa menandingi kualitas infak mereka yang hanya satu mud/genggaman dua telapak tangan, bahkan setengahnya pun tidak.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Dalam hadits tersebut, Rasulullah SAW menghimbau setiap orang untuk tidak mencela sahabat – sahabatnya karena nilai dan juga kualitas sedekah yang telah mereka (sahabat – sahabat Rasulullah SAW) keluarkan. Jika Rasulullah SAW melarang orang lain untuk mencela sahabatnya karena nilai dan kualitas sedekahnya, lantas berapakah nilai sedekah para sahabat Nabi? Dan seberapa berkualitaskah sedekah yang telah dikeluarkan oleh sahabat nabi?
Beberapa Sahabat Nabi yang Suka Bersedekah dengan Nilai dan Kualitas yang Fantastis
Sayidina Abu bakar ash-Shiddiq RA
Dalam sebuah riwayat disebutkan jika ketika Abu Bakar ingin memerdekakan Bilal dari aktivitas perbudakan, majikan atau pun pemilik Bilal pada waktu itu mematok harga Bilal sebesar 9 uqiah emas. Tanpa berpikir sama sekali, dengan ikhlas, Abu Bakar langsung menebus Bilal dengan menggunakan uang pribadinya. Padahal, jika dikonversikan ke dalam rupiah, nilai 9 uqiah emas akan setara dengan 114 juta – an rupiah. Jadi, bisa dinilai sendiri kan seberapa besarnya nilai dan juga kualitas sedekah yang dikeluarkan oleh Sayidina Abu Bakar RA?  Sayidina Umar bin al-Khathab RA
Berbeda dengan Abu Bakar yang menyedekahkan uangnya untuk orang lain, dalam sebuah riwayat dicertikan bahwa Umar bin Khathab telah membuat wasiat bahwa satu per tiga dari keseluruhan harga kekayaan yang ia miliki akan ia sedekahkan untuk kepentingan dakwah umat Islam. Kekayaan Umar bin Khathab sendiri pada waktu itu mencapai angka 40.000 dinar atau pun dirham yang mana jika dikonversi ke dalam mata uang rupiah, nilainya akan setara dengan 612 miliar rupiah. Angka yang sangat fantastis bukan untuk ukuran sedekah? Sayidina Utsman bin Affan RA
Berbeda lagi dengan dua sahabat Nabi di atas, dalam sebuah riwayat disebutkan jika Utsman bin Affan pernah menyumbangkan 300 unta dan 1000 dinar emas yang dimiliknya untuk kepentingan umat Islam di masa Perang Tabuk. Jika dikonversikan ke dalam mata uang rupiah, nilai 300 ekor unta akan setara dengan 3,6 miliyar rupiah, dan nilai 100 dinar emas akan setara dengan 1,7 miliar rupiah. Nilai sedekah ini kabarnya juga ditambah dengan 30.500.000 dirham perak dan 100.000 dirham emas yang telah diwasiatkannya untuk disedekahkan dalam dakwah Islam ketika ia meninggal. Jika ditotalkan, nilai emas dan perak ini akan setara dengan 7,2 triliun rupiah.
Sayidina Abdurrahman bin Auf RA
Sahabat Rasulullah SAW lainnya yang juga suka bersedekah adalah Abdurrahman bin Auf. Dalam sebuah riwayat, disebutkan jika sahabat Nabi yang satu ini pernah mensedekahkan harta kekayaan pribadinya sebesar 200 Uqiah emas untuk umat Islam yang pada waktu itu akan segera bertempur di perang Tabuk. Jika dikonversikan ke dalam mata uang rupiah, nilai 200 uqiah emas ini akan setara dengan 2,5 miliar rupiah. Itulah beberapa sahabat Nabi Muhammad SAW yang suka mengeluarkan sedekah dengan nilai yang sangat fantastis. Semoga setelah mengetahui nilai sedekah yang sering dikeluarkan oleh sahabat – sahabat Nabi, kita tidak lagi pelit untuk mengeluarkan sedekah, terutama ketika kita sedang dirundung kesulitan. Semoga bermanfaat ya!
loading...
Loading...

Subscribe to receive free email updates: