Doa yang Didengar Allah dan Waktu Mustajab Untuk Berdoa


Dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, yang artinya : Dari Abu Hurairah RA, berkata : “ Rasulullah SAW” bersabda : “Tidak ada sesuatu yang lebih mulia bagi Allah SWT selain doa.” (H.R. Tirmidzi).

Doa yang Didengar Allah

Pada dasarnya Allah selalu mendengar doa yang disampaikan oleh hamba – hambanya. Meskipun begitu, ada beberapa doa yang lebih cepat didengar oleh Allah dibandingkan dengan doa – doa lainnya, yaitu:

Do’a Seorang Ibu
Doa pertama yang paling cepat didengar oleh Allah adalah doa seorang ibu terhadap anak – anaknya. Ibu merupakan orang yang paling berjasa dalam kehidupan seorang anak manusia. Setiap manusia bisa terlahir dan sukses menjalani hidup di dunia semata – mata tidak terlepas dari jasa ibu yang mengandung dan melahirkannya. Sebegitu besarnya lah pengorbanan seorang ibu untuk anaknya, sehingga doa seorang ibu terhadap kehidupan anak – anaknya benar – benar sangat mustajab dan lebih cepat didengar oleh Allah SWT.

Do’a Muslim untuk Saudaranya yang Jauh
Menurut salah satu hadits Sahih, Rasulullah SAW pernah menghimbau kepada umat Islam untuk mendoakan kerabatnya yang sedang tidak tinggal bersamanya. Hal ini dikarenakan doa seorang Muslim untuk saudaranya yang jauh akan diamini secara langsung oleh Malaikat.

Do’a Orang yang Sedang Teraniaya
Nabi Muhammad SAW pernah bersabda jika umat Islam harus takut kepada orang – orang yang sedang teraniaya. Rasulullah mengatakan bahwa “sebab tak ada hijab antaranya (orang yang teraniaya) dengan Allah. Jadi, dapat dipastikan jika doa seorang muslim yang sedang teraniaya akan didengar secara langsung oleh Allah SWT.  Waktu Mustajab Untuk Berdoa
Sama seperti yang telah disebutkan di atas, setiap doa yang kita panjatkan kepada Allah pada dasarnya akan didengar oleh-Nya kapan pun kita menyampaikannya. Hal ini dikarenakan Allah maha mendengar dan maha mengetahui. Meskipun begitu, ternyata ada beberapa waktu yang dipercaya jauh lebih mustajab (lebih cepat didengar) ketimbang doa di waktu – waktu lainnya, yaitu:

Ketika Sedang Berpuasa
Rasulullah SAW pernah bersabda dalam sebuah hadits yang intinya menyatakan bahwa ada tiga doa yang lebih cepat diijabah oleh Allah SWT yaitu doa orang tua, doa orang yang sedang berpuasa atau pun sedang menahan hawa nafsu, dan doa orang yang sedang di perjalanan.

Ketika Sedang Mengalami Kesulitan
Seperti yang telah dijelaskan di atas, salah satu do’a yang akan diijabah oleh Allah adalah doa yang keluar dari mulut orang yang teraniaya / sedang mengalami kesulitan. Maka dari itu, dapat disimpulkan jika masa – masa sulit merupakan salah satu waktu mustajab untuk berdoa.

Ketika Sedang Berbahagia
Dalam salah satu Suratnya, Allah menyampaikan jika siapa pun umat-Nya yang bersyukur akan nikmat yang telah Ia berikan, maka Ia akan menambah nikmat tersebut. Jika dipahami dari firman Allah ini, maka dapat disimpulkan jika salah satu waktu diijabahnya doa adalah ketika sedang mendapat nikmat atau pun sedang berbahagia. Itulah beberapa waktu mustajab untuk berdoa. Seperti yang telah disebutkan di atas, pada dasarnya Allah selalu mendengar do’a dari setiap hambanya. Oleh karena itu, meskipun waktu – waktu di atas merupakan waktu yang mustajab untuk berdo’a, bukan berarti kita menjadi tidak berdo’a di waktu – waktu selain yang tercantum di atas. Meskipun kita tidak sedang ada di beberapa waktu di atas, kita sebaiknya senantiasa terus berdo’a kepada Allah yang maha mendengar lagi maha mengetahui do’a – do’a dari hambanya.
loading...
Loading...

Subscribe to receive free email updates: