"The Jungle Book", petualangan Mowgli si anak hutan

Kisah klasik Mowgli, anak manusia yang tumbuh besar bersama kawanan serigala di tengah hutan, dalam buku The Jungle Book karya Rudyard Kipling tahun 1894 telah diadaptasi dalam berbagai bentuk dalam beberapa dekade terakhir.

Versi terbaru "The Jungle Book" dibuat oleh sutradara "Iron Man" Jon Favreau menggabungkan teknologi CGI dengan akting Neel Sethi (Mowgli), aktor muda berdarah India kelahiran New York.

Favreau membuat penonton seakan benar-benar merasakan interaksi Mowgli dengan binatang-binatang hutan dengan teknologi animasi.




"The Jungle Book" versi Favreau berbeda dengan animasi 1967 berjudul sama yang kental dengan nuansa komedi anak-anak.

Favreau membuat "The Jungle Book" lebih mencekam.

Tokoh antagonis Shere Khan terlihat benar-benar berbahaya, menakutkan dan mencekam. Berbeda jauh dengan versi kartun di mana Shere Khan tetap punya sisi kocak.

Aktor dan aktris papan atas berpartisipasi sebagai pengisi suara, sebut saja Bill Murray (Baloo si beruang), Idris Elba (Shere Khan si harimau), Ben Kingsley (Bagheera si macan kumbang), Scarlett Johansson (Kaa si ular python) dan Lupita Nyong'o (Raksha si ibu serigala), juga Giancarlo Esposito (Akela pemimpin kawanan serigala).


Si anak hutan

Mowgli lincah melompati dahan-dahan pohon karena dikejar macan kumbang hitam. Dia kalah cepat dari anak-anak serigala lain yang melesat bagai busur panah dan tertangkap oleh Bagheera si macan kumbang...

Kejar-kejaran yang menegangkan itu hanya latihan dari Bagheera agar Mowgli bisa benar-benar bersikap seperti layaknya "seekor serigala".

Bagheera adalah mentor bagi Mowgli. Dia yang pertama kali menemukan Mowgli yang sebatang kara di tengah hutan dan membawanya ke kawanan serigala untuk diasuh.

Macan kumbang itu selalu mengingatkan Mogwli supaya bisa bertingkah laku seperti "sesamanya" demi bertahan hidup di rimba.

Hidup Mowgli yang damai di hutan mendadak terancam saat Shere Khan si harimau muncul.  Dendam kesumat Shere Khan pada manusia membuatnya ingin memangsa Mowgli.

Mowgli memutuskan untuk pergi meninggalkan kawanan serigala karena keberadaannya di hutan justru hanya membuat nyawa mereka terancam.

Raksha dengan berat hati melepas Mowgli yang berencana pergi ke desa hunian manusia. Ditemani Bagheera, Mowgli yang sebenarnya takut dengan manusia mencari perlindungan baru.

Perjalanan mereka penuh lika-liku karena Shere Khan kembali muncul untuk menyerang Mowgli. Bocah itu terpisah dengan macan kumbang yang telah dianggap sebagai pelindung.

Di belahan rimba yang asing, Mowgli harus bertahan hidup menghadapi beragam makhluk tak dikenal.

Mengaduk Emosi

"The Jungle Book" membuat emosi penonton terasa campur aduk. Setiap Shere Khan muncul, hewan-hewan mengkeret, penonton pun ikut-ikutan tegang.

Lantas perasaan seketika menjadi haru biru ketika Mowgli memutuskan untuk meninggalkan keluarga serigala, satu-satunya rumah yang ia ketahui sejak lahir.

Dan tingkah laku serta dialog-dialog Baloo si beruang santai nan pemalas menjadi sumber tawa.

Meski awalnya Baloo memanipulasi Mowgli untuk keuntungannya sendiri, dia memiliki jiwa setia kawan dan senantiasa membantu sahabat manusianya agar selamat dari bahaya Shere Khan.

Tidak seperti Bagheera atau Akela, Baloo yang santai justru menerima dan mengapresiasi cara Mowgli menyelesaikan masalah di hutan seperti seorang manusia. Ini membuat Mowgli semakin lengket pada Baloo dan betah tinggal di hutan.

Interaksi Baloo dengan makhluk lain di hutan juga menuai gelak tawa penonton.


Pemeran

Neel Sethi terpilih menjadi Mowgli dari audisi yang menyeleksi dua ribu anak. Bocah 12 tahun itu mengetahui audisi dari guru tarinya yang mengatakan bahwa dia adalah anak yang tepat untuk peran Mowgli.

Favreau memberikan peran perempuan lebih besar dalam film ini ketimbang versi animasi 1967. Maka, Scarlett Johansson diboyong untuk memberi sentuhan feminin pada Kaa yang dulu diperankan oleh pria.

Raksha adalah ibu serigala yang penuh kasih dan sangat melindungi. Ia sangat peduli terhadap anak-anak serigalanya termasuk sang anak manusia Mowgli, yang telah ia adopsi sebagai anaknya sendiri.

Raksha, serigala betina yang membesarkan Mowgli, juga punya peranan lebih besar dalam versi terbaru.

Pemenang Oscar Lupita Nyong'o dipanggil untuk mengisi suara karakter Raksha.

"Saya amat menyukai karakter ini," kata Nyong'o.

"Dia adalah pelindung, ibu yang kekal.  Kata Raksha sendiri sebenarnya berarti perlindungan dalam bahasa Hindi."

Favreau tidak lupa memasukkan lagu ikonik "The Bare Necessities" oleh duet Baloo dan Mowgli serta "I Wan'na Be Like You" yang dibawakan King Louie si orangutan.

"The Jungle Book" bukan cuma bisa dinikmati oleh anak-anak, penonton dewasa juga bisa bernostalgia mengenang versi animasi yang kini menjelma lewat kemasan baru yang lebih modern.

Sumber: www.antaranews.com
loading...
Loading...

Subscribe to receive free email updates: